TEMU RAHAYU C S.Pd M.Biomed

Temu Rahayu C S.Pd M.Biomed Guru Biologi di SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan menulis gurusiana harike-29

Tantangan menulis gurusiana harike-29

KANGEN KELAS BIOLOGI

Sudah 2 bulan 12 hari, kita belajar dan bekerja dari rumah. Seminggu ini kita disajikan berita berbagai berita tentang persiapan new normal life. Apakah kehidupan kita setelah adanya pandemi akan sama? Aku pikir tidak. Kita tidak bisa lagi melakukan cara-cara seperti dulu ketika kita mengajar, karena virus covid-19 mengintai kita dimanapun kita berada. Kita harus menyiapkan pola kehidupan yang baru dalam hidup kita.

Dari survey yang dilakukan KPAI terhadap siswa. Sungguh mengejutkan diperoleh hasil sekitar 80 persen siswa ingin kembali ke sekolah. Sedangkan untuk guru sekitar 60 persen guru juga menginginkan sekolah dibuka kembali. Para guru ini juga sudah merasa kangen dengan pembelajaran tatap muka.

Aku sepertinya termasuk guru yang 6o % tadi. Jujur aku kangen berinteraksi langsung dengan siswa-siswaku. Walaupun paska liburan lebaran ini, aku sudah mengadakan zoom meeting dengan mereka.Aku kangen situasi kelasku. Kelasku yang terletak di lantai 2 merupakan kelas yang khusus, karena hanya kelasku yang memakai karpet sehingga setiap siswa harus melepas sepatu mereka sebelum masuk ke kelasku.

Di kelas itulah kadang berbagai ide metode mengajar muncul dalam pikiranku. Aku biasanya suka menempel hasil kerja siswa di dinding belakang kelas. Di pertemuan terakhir kemarin sebelum libur panjang covid, kami sedang diskusi dengan sistem peredaran darah. Aku membagi siswa-siswa di kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok aku tugaskan membuatkan mind map sesuai dengan tugas yang diberikan oleh seniorku.Setelah tugas ini selesai barulah masing-masing keompok mempresenasikan dan kelompok yng lain bertanya. Itulah situasi belajar yang membuatku kangen suasana kelas Biologi.

Buat siswa-siswaku angkatan 11, tak terasa ya kita sudah belajar bersama hampir satu tahun. Minggu depan kalian akan melaksanakan PAT (penilaian Akhir Tahun). Sedih sekali aku, karena tidak dapat mengakhiri tahun pelajaran ini di kelas biologi tempatku biasa mengajar dan mendidik siswa-siswaku. Aku kangen melihat antusias teman teman berdiskusi apapun, yang penting di masa covid-19 ini, jangan terlalu sering, karena aku juga takut jika menjadi orang yag menulari virus covid-19 ini. Tapi seperrtinya aku akan bersabar menahan rinduku dengan ruang kelas Biologi, karena kia belum tahu kapan sekolah akan dibuka kembali. Ya Alloh semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kami bisa saling bersilaturahmi lagi satu dengan lainnya, aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren buu.. selangkah lagi 30

29 May
Balas

Lanjutt

29 May
Balas

Aamiin yra. Semoga Pandemi ini segera berakhir

29 May
Balas

Hai Bu Ayu.... saya juga rindu banget sama 210B, kelas yang setia 'menunggu' saya dan teman-teman kelas x1 setiap pagi usai upacara. Saat diskusi bareng sambil bersenda gurau, presentasi poster dan karya lainnya, dengerin penjelasan ibu dan cerita tentang pengalaman ibu rasanya baru aja kemaren, tapi sebentar lagi saya dan temen2 udah ikut PAT pertama di MHT. Kita juga sedih bu, gabisa tatap muka secara langsung sama bapak/ibu guru. Semoga pandemi ini bisa cepat berlalu ya bu. Salam sayang dari saya dan teman-teman untuk Bu Ayu tersayang

29 May
Balas

Aamiin, aku juga rindu dengan suasana kelas itu, karpet biru yg nyaman untuk lesehan serta tidur setelah solat jumat memiliki kesan tersendiri. Mendengar pangalaman ibu setiap belajar menjadikan ku pribadi yang lebih bersemangat untuk menuntut ilmu dan menjadikan wawasan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apalah daya, pandemi ini membatasi kita untuk beraktivitas seperti dulu. Ku harap, bumi lekas pulih terlepas dari kekangan virus mematikan ini. Semoga bu Ayu diberikan kesehatan selalu hingga kita berjumpa lagi. Salam sayang :')

31 May
Balas

aamiin, semoga bisa cepet balik ke kelas lagi buu

29 May
Balas

aamiin, semoga bisa cepet balik ke kelas lagi buu

29 May
Balas

Aamiin, saya kangen juga bisa belajar di sekolah lagi kayak duluu, semoga pandemi ini segera berakhir ya bu

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas

Aamiin. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Bu, sehingga kita bisa belajar lagi di sekolah

01 Jun
Balas



search

New Post